Jenis Lintah Terapi

By On Friday, November 27th, 2015 Categories : Lintah

jenis lintah terapiBagi sebagian orang yang belum tahu masalah hewan lintah dan terapi lintah mungkin juga banyak yang menanyakan jenis lintah terapi itu seperti apa dan yang mana, karena di indonesia aja ada banyak jenis lintah yang hidup dirawa-rawa, sungai, kebun bahkan di selokan. Nah diartikel ini kini kita akan sedikit membahas jenis lintah terapi yang benar yang cocok untuk digunakan terapi lintah dan mengenal lebih dalam apa sih itu hewan lintah.

Hewan lintah merupakan hewan jenis cacing, diujung-ujungnya memiliki alat penghisap, pada ujung yang satunya lintah ini memiliki alat penghisap yang menyerupai mulut, namun disisi lainnya alat penghisap ini hanya berfungsi sebagai perekat untuk menempel, yang digunakan untuk menyedot darah dipermukaan kulit adalah alat penghisap yang menyerupai mulut, dalam mulut tersebut memiliki gigi-gigi taring lembut yang berfungsi untuk menggigit permukaan kulit.

Jenis lintah terapi

jenis-jenis lintahAda sekitar 600 spesies lintah yang ada sekarang ini, bahkan mungkin bisa lebih apabila ditemukan spesies-spesies baru yang ditemukan dibeberapa belahan dunia. Ukuran lintah bermacam-macam mulai yang kecil hanya beberapa mili saja sampai ukuran 10 inchi bahkan pernah ditemukan lintah yang diluar ukuran biasanya, atau disebut dengan lintah raksasa yang bisa memiliki ukuran sebesar kaki manusia dewasa.

Warna lintah pun bermacam-macam warnanya, ada yang hitam, cokelat, hijau, berwarna polos, ada yang bergaris-garis ada pula yang bermotif acak. Dari sekian banyak spesies lintah yang ditemukan cuma 15 jenis spesies lintah saja yang dapat digunakan sebagai jenis lintah terapi. Jadi tidak semua jenis lintah bisa digunakan untuk terapi lintah, dan lintah yang paling baik digunakan untuk terapi lintah adalah jenis lintah hirudo medicinalis, yang dikenal di Indonesia dengan nama lintah kerbau. Dinamakan lintah kerbau karena lintah ini hidup di rawa-rawa atau disungai dan sering menghisap darah kerbau yang sedang mandi disana.

Apa jenis kelamin lintah ? Lintah ini merupakan hewan berjenis hermaprodit atau berkelamin ganda, dalam sekali bertelur lintah bisa menghasilkan 200 – 300 telur. Lintah hidup dimana saja dimana terdapat air, namun mereka hidup di habitat yang tidak tercemar akan limbah atau logam-logam berat. Dikarenakan sekarang ini sudah banyak yang membutuhkan lintah khususnya untuk terapi atau membuat minyak lintah maka sekarang sudah mulai marak pembudidayaan lintah, karena harga lintah pun cukup menggiurkan bagi petani budidaya lintah.

Lintah menghisap darah kita dengan menggunakan 2 cara yaitu dengan menggunakan belalai untuk menusuk kulit Anda dan kemudian menggunakan rahangnya dengan gigi-gigi kecil yang berjumlah seratus gigi-gigi kecil, lintah dapat mengenali dan menemukan Anda dengan mendeteksi minyak kulit, darah, panas, atau bahkan karbondioksida Anda ketika bernapas. dan biasanya lintah tidak akan mengigit kulit manusia yang memiliki suhu dingin, berbau baik dari keringat atau minyak wangi dan krim kulit. Dalam menghisap darah kita lintah juga menyuntukan air liurnya kedalam tubuh kita, air liur lintah ini yang mengandung enzim yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, salah satu enzim yang paling dikenal dari litah adalah enzim hirudin sebagai antikoagulan atau anti pembekuan darah yang mampu mengencerkan darah sehingga darah akan lebih lancar dalam sirkulasinya dan gampang untuk diproses filtrasi oleh organ-organ seperti jantung, hati dan ginjal.

Banyak sekali manfaat lintah untuk pengobatan, karena dalam al-Quran pun disebutkan “Sungguh apa-apa yang Allah ciptakan tiada satu hal pun yang sia-sia dan tiada manfaatnya” maka kita manusia harus patut bersyukur, Allah turunkan penyakit begitupula Allah menurunkan juga obatnya.

Jenis Lintah Terapi | admin | 4.5